tUGaZ-tU9aZ s0FtZkiL

Senin, 11 April 2011

Gedung Mewah vs Uang Rakyat

Dari judul diatas, dalam penulisan kali ini, akan dibahas mengenai pendapat dari akan dibangunnya gedung baru untuk anggota DPR

Seluruh masyarakat Indonesia pasti sudah mengetahui tentang adanya rencana pembangunan gedung baru untuk anggota dewan DPR. Banyak pro dan kontra yang terjadi mengenai hal tersebut. Penyebab pemicu yang mendasari adalah besarnya biaya yang akan dikeluarkan pemerintah jika pembangunan itu tetap dilaksanakan. Kabarnya biaya yang akan dikeluarkan bisa sampai triliunan rupiah. Terlebih lagi jika mendengar isu yang beredar bahwa gedung DPR yang baru akan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti akan adanya kolam renang, SPA dan yang lainnya. Mendengar hal tersebut banyak spekulasi dari masyarakat yang beredar. Pertanyaan yang mendasar adalah untuk apa failitas tersebut diadakan?

Meski masyarakat banyak yang tidak menyetujui pembangunan ini, tetapi sepertinya anggota dewan tidak mengindahkan hal tersebut. Mereka akan tetap melakukan pembangunan gedung baru. Mengenai fasilitas, mereka mengklaim jika hal tersebut memang dibutuhkan mengingat adanya anggota dewan yang bekerja sampai malam. Mereka pun mengatakan bahwa gedung yang sekarang sudah tidak memadai. Mereka membutuhkan gedung yang lebih luas karena akan ada penambahan tenaga ahli dari 2 menjadi 5 orang.

Saya sendiri tidak menyetujui pembangunan tersebut. Hal itu mendasari jika dilihat dari segi ekonomi Indonesia yang memang belum cukup baik untuk pembangunan sebuah gedung mewah. Tidak etis jika pemerintah tetap bersikukuh untuk membangun gedung tersebut. Masih banyak hal lain yang lebih bermanfaat yang lebih bisa dilakukan dengan uang yang digunakan untuk membangun. Apakah layak jika pemerintah mendirikan gedung mewah sedangkan masih banyak sekolah-sekolah yang ambruk atau bahkan tidak layak digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar? Padahal sekolah-sekolah tersebut sudah lama tidak mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah. Itu lebih penting daripada memikirkan pembangunan sebuah gedung mewah. 

Intinya adalah pemerintah sanggup membangun gedung mewah untuk anggota DPR yang notabene telah memiliki kecukupan dalam hal materiil, tetapi untuk pembangunan sekolah? Sungguh miris jika hal tersebut benar-benar terjadi.


DPR merupakan wadah aspirasi rakyat. Sekarang rakyat sedang menggunakan hak aspirasinya, tetapi apakah hak tersebut akan didengar? 


Mengenai gedung yang sekarang kurang memadai, sebenarnya menurut saya pemerintah hanya perlu memperbaikinya saja tanpa perlu membangun sebuah gedung baru. Misalnya dibutuhkan perluasan gedung karena penambahan jumlah tenaga ahli, hal itu bisa diatasi dengan memperluas gedung saja. Sedangkan mengenai fasilitas yang mungkin akan diadakan, hal tersebut tidak perlu dilakukan. Sampai sekarang saya menilai kinerja anggota dewan DPR belum memuaskan. Walaupun tidak semua anggota dewan seperti itu, tetapi hal tersebut sudah dibuktikan oleh beberapa anggota dewan. Banyak yang tertidur saat rapat paripurna, bahkan beberapa waktu lalu, ada anggota dewan yang kedapatan melihat foto-foto seronok saat rapat berlangsung, ditambah lagi belum ada perbaikan signifikan dalam pemerintahan di negara ini. Jadi jangan salahkan masyarakat jika menilai anggota dewan yang memiliki kinerja kurang bagus.


Jadi apakah layak mereka mendapatkan fasilitas mewah dengan kinerja yang seperti itu? itu tidak adil bagi masyarakat mengingat uang yang digunakan adalah uang rakyat.


Masih banyak hal yang perlu dibenahi selain pembangunan gedung baru. Lebih baik membangun fasilitas yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat atau bahkan bisa juga digunakan untuk membayar hutang negara yang selalu meningkat.


Seharusnya pemerintah lebih selektif dalam menggunakan uang negara mengingat keadaan perekonomian saat ini sedang tidak stabil. Untuk kedepannya diharapkan pemerintah lebih mengutamakan kepentingan rakyat tanpa harus melihat kepentingan sendiri ataupun golongan.
posted by aNnN-beLL at 00.37

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home